Desain Didaktis Materi Turunan Fungsi Aljabar Berbasis Pembelajaran Daring

Authors

  • Arif Abdul Haqq Universitas Negeri Semarang
  • Mutiara Ayu Lestari SMP Ar-Rahmat, Jalan Weragati Selatan, Palasah, Majalengka, Jawa Barat
  • Isti Hidayah Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hambatan epistemologi, lintasan belajar, desain didaktis, pembelajaran daring; turunan fungsi aljabar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa khususnya pada materi turunan fungsi aljabar. Salah satu cara mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan dengan membuat sebuah desain didaktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain didaktis materi turunan fungsi aljabar berbasis pembelajaran daring yang dianalisis berdasarkan hambatan belajar (learning obstacle) khususnya epistemological obstacle yaitu hambatan karena keterbatasan pengetahuan siswa. Penelitian ini difokuskan pada sub bab definisi turunan, sifat/aturan dalam turunan dan persamaan garis singgung. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menerapkan jenis Didactical Desain Research yang dikembangkan oleh suryadi melalui 3 tahapan yaitu analisis prospektif yang hasilnya berupa rancangan desain didaktis, analisis metapedadidaktik yaitu analisis pada saat implementasi desain dan analisis retrosfektif yang menghasilkan desain didaktis revisi. Metode pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas yang telah mempelajari materi turunan fungsi aljabar. berdasarkan hasil analisis learning obstacle pasca implementasi, terdapat pengurangan jumlah hambatan belajar siswa yang muncul pada pembelajaran materi turunan fungsi aljaba.

 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles