Pengajaran Clause Complexes Pada Kelas Penerjemahan untuk Santri Ma’had: Problem dan Solusi

Authors

  • Azizah Maulina Erzad Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Puji Astuti Universitas Negeri Semarang
  • Widhiyanto Widhiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pengajaran penerjemahan; kompleks klausa; kesulitan dalam penerjemahan; program sekolah bahasa inggris

Abstract

Studi penerjemahan menjadi salah satu bagian penting dalam pembelajaran bahasa. Sebagaimana empat keterampilan bahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis), penerjemahan juga perlu diajarkan kepada pelajar EFL. Seiring dengan keempat keterampilan dasar tersebut, keterampilan menerjemahkan akan meningkatkan kompetensi bahasa asing peserta didik. Jadi, mengajar penerjemahan kepada pembelajar EFL tidak hanya akan memberikan pengetahuan tetapi juga mengembangkan kompetensi bahasa pembelajar. Dalam menerjemahkan suatu bahasa, seorang penerjemah harus mampu menyampaikan keseluruhan makna dari setiap klausa, khususnya kompleks klausa, di samping memahami bahasa sumber dan bahasa sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi dosen dan mahasiswa pada pengajaran clause complex di kelas penerjemahan dan solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk melakukan penelitian ini. Data dikumpulkan dari kelas penerjemahan Program Sekolah Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Ma’had Al Jami’ah IAIN Kudus. Beberapa teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan santri Ma’had. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kesulitan terkait kompleks klausa muncul di kelas penerjemahan. Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan karena rendahnya penguasaan kosakata serta tata bahasa dan sulit menemukan padanan makna dalam bahasa target. Sementara itu, dosen mengalami kesulitan dalam menemukan metode dan teknik yang tepat untuk mengajar penerjemahan khususnya terkait dengan clause complex. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa solusi dibahas secara rinci yang dapat digunakan dosen sebagai panduan ketika mengajar penerjemahan. 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles