Penerapan Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning) Melalui Metode Pembelajaran Loose Part Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Bhertia Annisa Rahma Universitas Negeri Semarang
  • Hidayah Hidayah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Joyful Learning, Loose Part, Anak Usia Dini

Abstract

Joyful Learning merupakan suatu pembelajaran yang menyenangkan yang bertujuan agar anak tidak merasa bosan dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran.  Metode yang dapat digunakan adalah Metode Loose Part, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar lingkungan yang digunakan menjadi suatu permainan sesuai imajinasi anak. Dalam pembelajaran, anak dapat merasa gembira dan akan fokus secara penuh, sehingga akan meningkatkan kreativitas anak dan hasil pembelajaran yang diberikan pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan secara studi literatur dengan mengumpulkan data-data dari penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, di mana analisis ini adalah untuk menjelaskan kembali topik penelitian yang dibahas pada kajian literatur dan ditarik kesimpulan secara umum. Dari hasil studi literatur tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media belajar dengan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan anak usia dini (Loose Part), mampu membuat anak fokus dan gembira dalam melakukan pembelajaran, sehingga kreativitas anak usia dini dapat terpicu dari proses yang menyenangkan tersebut.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles