Minat Mahasiswa Laki-Laki Program Studi PGPAUD Atau Sejenis Di Indonesia Untuk Menjadi Guru PAUD

Authors

  • Budi Rachman Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang
  • Ali Formen Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Minat Mahasiswa Laki-laki, Guru PAUD Laki-laki, Faktor Minat

Abstract

Fenomena skala nasional dan global menunjukan guru atau pendidik PAUD di dominasi oleh perempuan. Banyak perguruan tinggi membuka program studi PGPAUD atau sejenis yang dianggap mampu memberikan kompetensi bagi para calon guru PAUDĀ  sebagai syarat minimal pendidikan bagi guru PAUD, akan tetapi fenomena menunjukan hanya terdata 26 mahasiswa laki-laki dari 15 perguruan tinggi dari 9 provinsi dan satu Universitas Terbuka. Dengan populasi yang begitu minim perlu didapatkan fakta bagaimana minat mahasiswa laki-laki Prodi PGPAUD atau sejenis terhadap profesi guru PAUD, sehingga dapat diketahui apakah populasi guru PAUD laki-laki akan bertambah atau justru tetap minimal seperti fenomena saat ini. Pendekatan mixed method digunakan dalam penelitian ini, tahap awal penelitian dilakukan secara kualitatif melalui wawancara dan dilanjutkan dengan penelitian survei yang menunjukan hasil 89% responden memiliki ciri-ciri minat, dengan faktor yang paling berkontribusi adalah adanya kemauan bagi para mahasiswa laki-laki Prodi PGPAUD atau sejenis untuk terlibat langsung dengan anak usia dini dalam dunia kerja. Faktor minat intrinsik didapatkan hasil 84,5% memiliki minat menjadi guru PAUD dengan faktor yang paling berkontribusi adalah faktor pendapatan finansial. Adapun dalam variabel faktor minat ekstrinsik didapatkan hasil 76% memiliki minat menjadi guru PAUD dengan faktor yang paling berkontribusi adalah faktor lingkungan keluarga.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles