Problematika dan Solusi dalam Penulisan Akademik pada Mata Kuliah Professional Writing: Persepsi Mahasiswa
Keywords:
menulis, penulisan akademik, problematika menulis, persepsiAbstract
Menulis penulisan akademik berbahasa Inggris dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing merupakan tantangan tersendiri khususnya bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat terjadi karena mahasiswa belum memahami dan menguasai tentang kaidah selingkung penulisan akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi permasalahan dan solusi mahasiswa dalam penulisan akademik pada mata kuliah Profesional Writing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket campuran dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Professional Writing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada sebelas aspek yang menjadi problematika mahasiswa dalam penulisan akademik yang berkaitan dengan kohesi dan koherensi penulisan, serta problematika terkait tahapan penulisan akademik. Selain itu, mahasiswa mencoba menemukan solusi dari permasalahan tersebut dengan beberapa cara, diantaranya bertanya kepada teman atau dosen pengampu, memanfaatkan penggunaan teknologi, dan membaca referensi dalam bentuk buku dan artikel jurnal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengajaran dan pembelajaran mata kuliah menulis khususnya penulisan akademik. Dengan mengetahui permasalahan penulisan akademik dan solusinya dari sudut pandang mahasiswa, hal ini dapat membantu dosen untuk menerapkan strategi atau metode pengajaran dan pembelajaran menulis untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam penulisan akademik.