Peran Digital Music Publisher dalam Pemasaran Karya Musik di Era Industri 4.0

Authors

  • Dadang Dwi Septiyan Universitas Negeri Semarang
  • Wadiyo Wadiyo Universitas Negeri Semarang
  • Slamet Haryono Universitas Negeri Semarang
  • Yudi Sukmayadi Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

digital music publisher, pemasaran karya musik, revolusi industri

Abstract

Revolusi industri 4.0 secara fundamental mengakibatkan berubahnya cara manusia berpikir, hidup, dan berhubungan satu dengan yang lain. Revolusi tersebut berdampak pada sektor industri musik yang menjadi bagian integral masyarakat global. Seiring berkembangnya teknologi, digital music publishing dan/atau digital music publisher menjadi metode baru dalam pemasaran karya musik. Digital music publisher memiliki kewajiban untuk mendistribusikan atau memasarkan karya musik yang hak nya dikelola oleh digital publsiher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital music publisher dalam pemasaran karya musik di era industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Perspektif yang digunakan mengkaji penelitian ini adalah perspektif manajemen pemasaran milik Kotler. Fokus dalam penelitian ini adalah pemahaman tentang gambaran praktik manajemen pemasaran yang dilakukan oleh digital music publisher dalam memasarkan karya musik melalui digital publishing. Berdasarkan pada hasil penelitian, diperoleh data bahwa digitalisasi musik di era industri 4.0 membuat para artist atau musisi dapat memasarkan karya musiknya ke publik dengan mudah. Melalui digital music publisher, artist atau musisi dengan sangat mudah mempublikasikan dan mendistribusikan karya musiknya, serta dapat mengelola hak moral dan hak ekonomi nya atas karya musik yang dikelola oleh digital music publisher. Selain itu, digital music publisher berperan dalam pengelolaan karya musik yang akan didistribusikan dan dipublikasikan secara luas, dari konsep produk yang tentu hasil rekamannya berkualitas agar dapat dimonetizing sesuai dengan banyaknya karya musik itu didengar oleh pendengar. Implikasi penelitian ini memberikan informasi kepada para pencipta lagu dan musisi akan pentingnya digital music publisher dalam memaksimalkan hak moral dan hak ekonomi dari karya musiknya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles