Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Peserta Olimpiade

Authors

  • Dani Kusuma Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

literasi matematika, olimpiade nasional, matematika

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi matematika pada siswa yang merupakan peserta olimpiade nasional matematika (OSN). Metode dalam Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif yaitu Penelitian yang menganalisis kemampuan literasi matematika siswa melalui proses penyelesaian masalah yang dilakukan. Analisis kualitatif yang dilakukan akan menghasilkan temuan terkait kemampuan literasi matematika khususnya pada siswa peserta olimpiade nasional. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 dan 7 yang termasuk dalam peserta OSN tingkat nasional tahun 2022 yang terdiri dari 2 orang. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Validitas instrument yang digunakan sudah melalui tahapan validasi ahli oleh validator, dan telah memenuhi kriteria sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi matematika siswa pada siswa peserta olimpiade nasional termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut ditunjukan pada hasil pengerjaan siswa yang dikerjakan dengan baik dan tidak terdapat kesulitan yang berarti. Langkah-langkah pada literasi matematika yaitu formulate, employ, dan interpret dapat dikerjakan sesuai dengan soal yang diberikan pada soal. Temuan dalam penelitian ini adalah capaian dalam setiap tahapan literasi matematika berpengaruh pada capaian pada tahapan literasi matematika lainnya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles