Pembelajaran Matematika Melalui Konteks untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan dan Tulis Siswa

Authors

  • Darto Darto Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Widowati Widowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Konteks, Komunikasi Matematis Lisan dan Tulis

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran matematika pada aspek kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah,  baik pada komunikasi matematis lisan dan tulis pada topik bangun datar. Pembelajaran matematika melalui konteks dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis siswa.. Pembelajaran matematika di kelas perlu di rancang terkait materi bangun datar sehingga pembelajaran matematika lebih terarah dengan tujuan pembelajaran. Perlu nya pembelajaran matematika melalui konteks untuk menjebatani kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematis lisan dan tulis melalui diskusi,argumentasi,  menjelaskan jawaban dan menuliskan ide-ide matematis baik symbol, grafik, dan tabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis pada topik bangun datar di sekolah menengah pertama yang ada di Provinsi Riau . Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Bunga Raya Kabupaten Siak Provinsi Riau.  Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui konteks dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis siswa. Pembelajaran matematika melalui konteks dapat membantu siswa dalam kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis siswa dengan cara diskusi, menyelesaikan soal-soal komunikasi matematis lisan dan tulis dan refleksi. Kemampuan komunikasi matematis lisan diperoleh masing-masing kategori 1 (32%), kategori 2 (44%), kategori 3  (24%), sedangkan kemampuan komunikasi matematis tulis diperoleh kategori 1 (40%), kategori 2 (35%), kategori 3  (25%). Pembelajaran matematika melalui konteks secara umum dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis siswa berkategori baik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles