Pelatihan Google Classroom Menggunakan Model ADDIE Untuk Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Ayu Sulistyaningrum Universitas Negeri Semarang
  • Hari Wibawanto Universitas Negeri Semarang
  • Eko Purwanti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pembelajaran daring. model ADDIE, google classroom

Abstract

Pada masa ini terjadinya pendemi Covid-19 yang menyebabkan dampak sangat besar kehidupan termasuk bidang pendidikan. Maka terjadinya penutupan sekolah dan pemerintah mengeluarkan surat edaran yang berisi masa perahlian dengan melakukan pembelajaran daring. Namun proses pembelajaran daring terdapat kendala yang menyebabkan proses pembelajatan tidak efektif. Tujuan dari penelitian adalah meningkatan kompetensi guru pada pengetahuan dan kreatifitas proses pembelajaran daring dengan melakukan pelatihan bagi guru sekolah dasar menggunakan platfrom Google Classroom. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development desain model ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil pelatihan pembelajaran daring google classroom dapat meningkatkan kompetensi guru terhadap pembelajaran daring, model pelatihan ADDIE layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli  materi dengan 4,7 kretria sangat layak, dan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 4,7 kriteria sangat layak, berdasarkan hasil reponden peserta pelatihan  dengan 4,3 dengan kreteria sangat layak. Untuk keefektifan model pelatihan dengan melakukan pretest mendapatkan 55,38 kretria cukup sedangkan posttest mendapatkan 85,54 kreteria sangat layak. Sehingga model pelatihan google classroom sangat efektif sebagai media pelatihan bagi guru meningkatkan kompetensi guru.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles