Systematic Review: Asesmen Metakognisi dalam Pembelajaran Sains
Abstract
Metakognisi merupakan keterampilan berfikir yang penting untuk pengembangan profesionalisme calon guru dan guru pada era 5.0. Tujuan penelitian untuk mengetahui berbagai jenis asesmen metakognisi melalui systematic review. Metode penelitian menggunakan proses seleksi mengikuti panduan Preferred Reporting of Items for Systematic Reviews and Meta Analyses (PRISMA) dengan menggunakan scientific databases atau search engine. Berbagai penggunaan instrumen penilaian metakognitif seperti menggunakan Metacognitive Awareness Inventory (MAI), Metacognitive Awareness Inventory for Teachers (MAIT), Metacognition Learning Inventory-Science (SEMLI-S), dan Metacognitive Problem Solving Skill. Instrumen penilaian lain menggunakan interview dan tes. Sampel penelitian dalam jumlah banyak biasanya untuk mengukur kesadaran metakognitif, sementara itu sampel paling sedikit untuk melakukan wawancara tentang metakognitif. Keterampilan metakognisi tersebut diperlukan oleh guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih mudah, efektif dan efisien dengan menguatkan kegiatan reflektif, pengaturan diri, pengaturan kognisi, dan strategi yang tepat. Guru yang memiliki kesadaran metakognitif dan kemampuan metakognitif akan menguntungkan dalam pembelajaran. Siswa belajar dengan menggunakan strategi metakognitif efektif untuk pencapaian akademik dan membuat pilihan terbaik.