Systematic Review: Asesmen Metakognisi dalam Pembelajaran Sains

Authors

  • Didi Nur Jamaludin Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Saptono Universitas Negeri Semarang
  • Aditya Marianti Universitas Negeri Semarang

Abstract

Metakognisi merupakan keterampilan berfikir yang penting untuk pengembangan profesionalisme calon guru dan guru pada era 5.0. Tujuan penelitian untuk mengetahui berbagai jenis asesmen metakognisi melalui systematic review. Metode penelitian menggunakan proses seleksi mengikuti panduan Preferred Reporting of Items for Systematic Reviews and Meta Analyses (PRISMA) dengan menggunakan scientific databases atau search engine. Berbagai  penggunaan instrumen penilaian metakognitif seperti  menggunakan  Metacognitive Awareness Inventory (MAI), Metacognitive Awareness Inventory for Teachers (MAIT), Metacognition Learning Inventory-Science (SEMLI-S), dan Metacognitive Problem Solving Skill. Instrumen penilaian lain menggunakan interview dan  tes. Sampel penelitian dalam jumlah banyak biasanya untuk mengukur kesadaran metakognitif, sementara itu sampel paling sedikit untuk melakukan wawancara tentang metakognitif. Keterampilan metakognisi tersebut diperlukan oleh guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih mudah, efektif dan efisien dengan menguatkan kegiatan reflektif, pengaturan diri, pengaturan kognisi, dan strategi yang tepat. Guru yang memiliki kesadaran metakognitif dan kemampuan metakognitif akan menguntungkan dalam pembelajaran. Siswa belajar dengan menggunakan strategi metakognitif efektif untuk pencapaian akademik dan membuat pilihan terbaik.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles