Esensi Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Untuk Pengajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Edy Waloyo Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Semarang
  • Henrikus Joko Yulianto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

teknologi informasi dan komunikasi; aplikasi; keteraampilan bahasa inggris.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi saat ini berdampak pada sumber daya manusia yang dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dalam dunia pendidikan, guru adalah sumber daya manusia yang diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pengajaran di dalam kelas. Guru bahasa inggris saat ini diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk media pengajaran dan pembelajaran siswa. Penelitian ini memaparkan informasi mengenai applikasi yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa inggris dan mencoba menjelaskan tentang manfaatnya. Penulis menggunakan kajian pustaka dalam menggali informasi dan melalukan pencarian artikel yang dipublikasikan dari 2017-2022 dengan google scholar dengan kata kunci aplikasi dalam pengajaran bahasa inggris. Hasil kajian pustaka menunjukkan YouTube, Podcast, Vodcasts, Duolingo, Tik Tok, WhatsApp, Englishgame-based Mobile Application (EBMA), U-Dictionary, Quizizz, canva, grammarly, facebook, telegram, dan Instagram dapat dijadikan rujukan oleh guru dalam memilih aplikasi yang sesuai dalam pembelajaran bahasa inggris. Apliaksi tersebut memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bahasa inggris siswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles