Persepsi Guru Tentang Etnomatematika (Perspektif Budaya dalam Matematika)

Authors

  • Erik Santoso Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

persepsi guru, etnomatematika, budaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru matematika terhadap etnomatematika. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru matematika di Tasikmalaya. Instrumen menggunakan angket dan wawancara mendalam dengan subjek terpilih berdasarkan lama mengajar yaitu kurang dari 2 tahun antara 2-5 tahun dan lebih dari 5 tahun. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data melalui triangulasi data, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan merupakan ciri khas suatu daerah yang dapat berupa benda sehari-hari, kegiatan atau adat istiadat. Guru matematika memandang bahwa matematika ada hubungannya dengan budaya; beberapa materi matematika seperti geometri, pengukuran banyak kaitannya dengan matematika. Aplikasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dapat diterapkan dengan menggunakan model atau pendekatan yang menghubungkan dunia nyata dan konteks berbasis masalah di awal pembelajaran.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles