Profil Pelajar Pancasila dan Pendidikan Warga Negara Lintas Budaya (Intercultural Citizenship Education) pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Fadhila Yonata Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Suwandi Suwandi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kurikulum merdeka; profil pelajar pancasila; warga negara lintas budaya.

Abstract

Profil pelajar Pancasila yang menjadi target Pendidikan dalam kurikulum merdeka merupakan upaya pemerintah mempersiapkan peserta didik yang dapat bersaing secara global untuk menghadapi abad ke-21. Pengejawantahan karakteristik pelajar Pancasila tertuang dalam seluruh mata pelajaran di seluruh jenjang Pendidikan. Dalam konteks pembelajaran Bahasa inggris, prinsip yang serupa telah diperkenalkan oleh Byram (1997) dengan sebutan intercultural citizenship education (pendidikan kewarganegaraan lintas budaya) dengan pertimbangan era globalisasi dalam komunikasi dan interaksi memungkinkan peserta didik berinteraksi pada masyarakat multikultural, kondisi dimana terdapat beragam budaya, ras, dan kepercayaan bahkan kewarganegaraan. Sebagai artikel konseptual, studi ingin menganalisis bagaimana profil pelajar Pancasila sebenarnya beririsan dengan dimensi-dimensi kompetensi komunikasi lintas budaya. Dengan kata lain, integrasi intercultural citizenship education pada pembelajaran Bahasa asing secara tidak langsung telah mempromosikan siswa untuk memiliki karakter pelajar Pancasila.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles