Inovasi Model Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Usia Dini di Era Digital

Authors

  • Fifiet Dwi Tresna Santana Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Tati Narawati Universitas Negeri Semarang
  • Agus Cahyono Universitas Negeri Semarang
  • Rivaldi Indra Hapidzin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

inovasi; model pembelajaran seni; digital.

Abstract

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir proses pembelajaran di sekolah mengalami hambatan karena adanya Covid 19, sehingga pendidikan dan teknologi sangat dibutuhkan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis guru terhadap inovasi model pembelajaran seni bagi anak usia dini di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan anak usia dini dengan menentukan sampel 21 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa di era digital ini perlu adanya inovasi dalam pembelajaran seni yang menggunakan pembelajaran tari dengan media berbasis android yang dapat diterapkan pada anak usia dini. Untuk itu peneliti berasumsi bahwa inovasi model edumultimedia dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat digunakan oleh anak dan guru di sekolah. Inovasi model pembelajaran seni bagi anak usia dini yang telah di implementasikan dapat membantu anak dan guru dalam proses pembelajaran. Implikasi di masyarakat yaitu dengan penerapan inovasi model seni digital saat ini dapat digunakan dalam pembelajaran yang bersifat blended learning.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles