Konsep Kolaboratif Perguruan Tinggi Pada Era Digital dalam Penyiapan Guru PAI di FTIK UIN Salatiga

Authors

  • Guntur Cahyono Universitas Negeri Semarang
  • Samsudi Samsudi Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang
  • Amir Mahmud Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kolaboratif; guru PAI; sekolah; madrasah.

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai konsep kolaborasi program studi PAI UIN Salatiga dalam pengembangan sumber daya manusia sebagai tenaga pendidik dalam menghasilkan output yang siap kerja untuk pemenuhan kebutuhan guru PAI baik di sekolah ataupun madrasah. Sebagai perguruan tinggi Islam Prodi PAI UIN Salatiga memiliki kewajiban untuk mempersiapkan calon pendidikan yang siap dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep kolaborasi yang diterapkan oleh Prodi PAI dalam penyiapan guru PAI yang siap di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif untuk menggali informasi baik dari sumber utama yaitu pengelola PAI di FTIK UIN Salatiga atau sumber pendukung lain berupa dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prodi PAI Bersama dekanat dalam hal ini wakil dekan bagian akademik melakukan pola kerjasama strategis bersama pemerintah yaitu pemerintah daerah baik dinas pendidikan, dinas pemuda olah raga serta kementerian agama dan majelis ulama Indonesia (MUI). Penelitian ini akan memberi manfaat bagi pengembangan sumber daya manusia sebagai guru PAI yang berwawasan global dan siap ditempatkan di sekolah atau madrasah.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles