Pengaruh Model ARCS (Attention-Relevance-Confidence-Satisfaction) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa

Authors

  • Hamidah Hamidah Universitas Bina Bangsa
  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

model arcs; penalaran matematis; self confidence.

Abstract

Model ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction) merupakan salah satu model ajar yang menekankan bagaimana memotivasi siswa di kelas dengan proses belajar yang sesuai kondisi keseharian siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran dan self confidence siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model ARCS terhadap kemampuan penalaran matematis self confidence siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model ARCS. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen desain pretest posttest control group desain. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2022 dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t, Effect Size, dan presentase angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran matematis dan self confidence siswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles