Implementasi Etnomatematika pada Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya di Kota Semarang

Authors

  • Harum Sunya Iswara Universitas Negeri Semarang
  • Farid Ahmadi Universitas Negeri Semarang
  • Deasylina Da Ary Universitas Negeri Semarang

Keywords:

etnomatematika; kurikulum merdeka; hibriditas budaya.

Abstract

Etnomatematika merupakan integrasi antara budaya dan matematika. Kota Semarang yang terkenal akan hibriditas etnis Tionghoa, Jawa, dan Arab menjadi media untuk menganalisis eksplorasi etnomatematika yang diintegrasikan pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data berfokus pada produk hibriditas budaya Tionghoa, Jawa dan Arab. Eksplorasi etnomatematika yang ditemukan yakni: Warak Ngendhog, tari Denok Deblong, dan lumpia sebagai produk hibriditas budaya di Kota Semarang yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum merdeka untuk menanamkan konsep matematika seperti: bilangan, aljabar, bangun ruang, bangun datar, pecahan, dan satuan. Secara tidak langsung penelitian ini dapat menggambarkan bentuk matematika kontekstual berbasis budaya yang ada di Kota Semarang.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles