Hubungan antara Pengembangan Literasi Dini dan Pendidikan dalam Keluarga di Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Hidayah Hidayah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi dini; keluarga; anak usia dini.

Abstract

Dalam penelitian ini dilatarbelakangi adanya miskonsepsi yang terjadi dimasyarakat tentang tanggung jawab pendidikan dalam pembelajaran anak usia dini. Orang tua mengetahui bahwa pendidikan penting bagi anak mereka sejak dini, namun dengan orang tua menyekolahkan anaknya di lembaga formal, maka pendidikan menurut mereka menjadi tanggungjawab guru di sekolah. Ketidaktahuan orang tua dalam mengembangkan literasi pada anak yang dapat dilakukan dilingkungan keluarga. Pada dasarnya pendidikan dalam pembelajaran khususnya di PAUD disesuaikan dengan pembelajaran yang terjadi di keluarga. Sepertihalnya pemahaman anak akan literasi bukan hanya tanggungjawab guru di sekolah. Literasi bukan hanya keahlian anak akan menulis, membaca dan berhitung saja. Literasi menjadi kebutuhan di abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah, anak dapat memahami literasi sampai dengan ketrampilan berfikir kritis dalam memaknai informasi dan sikap dalam mengambil keputusan di kehidupan sehari-hari dengan praktek di sekolah sesuai kehidupannya di keluarga. Metode yang digunakan studi kepustakaan. Hasilnya anak dapat mengembangkan literasi dini dan manfaat bagi masyarakat dimana orang tua memahami bahwa pengembangan ketrampilan literasi dapat diterapkan dirumah sejak usia dini. 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles