Pembelajaran Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Berbasis Tahfizhul Quran di Salatiga

Authors

  • Imam Mas Arum Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

keterampilan berbahasa; menulis permulaan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:  (1) pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan (MP) di SD berbasis Tahfzhul Quran  di Salatiga; (2) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi MP; dan (3) cara mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas 1 SD berbasis Tahfzhul Quran  di Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dikerjakan dengan cara: a)observasi, b)wawancara mendalam, dan c) analisis dokumen. Sampling ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pembelajaran MP di SD berbasis Tahfzhul Quran  di Salatiga melibatkan komponen siswa, guru, tujuan, bahan ajar, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Berbagai komponen itu saling mempengaruhi; (2) hambatan dalam pembelajaran MP di SD berbasis Tahfzhul Quran  di Salatiga berupa hambatan internal dan eksternal; (3) pengatasan hambatan internal diupayakan melalui proses pembelajaran, sedangkan hambatan eksternal diupayakan melalui proses di luar komponen proses pembelajaran MP di kelas.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles