Penggunaan Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Iman Solahudin Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmadi Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis; model problem solving

Abstract

Pasca pandemic covid-19 berdampak pada sektor Pendidikan di berbagai dunia, salah satunya Indonesia. Dampak yang fundamental yaitu kesulitan guru dalam memberikan penilaian matematika secara komprehensif. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan maslaah siswa serta mengukur keefektifan model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed-method) dengan sampel sebanyak 20 orang siswa pada salah satu sekolah di Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data menggunakan Tes dan Wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan Uji Hipotesis, skor siswa memiliki perbedaan rata-rata antara Pretest dan Postest, yaitu 90,12 untuk rata-rata Postes dan 80,75 rata-rata skor Prestes, berdasrkan uji Paired Tes terlihat nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, bermakna bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara Pretest dan Postest. Dengan demikian model problem-solving Efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles