Aplikasi NL: Solusi Peningkatan Penguasaan Materi Bagi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Notasi Tari di Era Digital

Authors

  • Imma Fretisari Universitas Negeri Semarang
  • Agus Cahyono Universitas Negeri Semarang
  • Trianti Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

notasi tari; aplikasi nl; penguasaan materi

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai analisis kesulitasn belajar mahasiswa terhadap mata kulah notasi tari, dan solusi nya  untuk meningkatkan penguasaan materi perkuliahan notasi tari. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey kepada 20 orang mahasiswa  Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uiversitas Tanjungpura .Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat faktor kesulitan belajar mahasiswa dalam menguasai materi perkuliahan notasi tari, salahsatunya penggunaan media yang dapat mempermudah dalam menganalisis gerak tari. Berdasarkan kesulitan tersebut aplikasi NL menjadi salah satu solusi untuk menguasai materi notasi tari. Penggunaan aplikasi yang dielaborasi dengan pembelajaran secara kontekstual  dapat membuat pembelajaran notasi menjadi lebih menyenangkan dan tidak terlihat atau terkesan kaku sehingga sulit untuk dipahami. Satu di antara tawaran pembelajaran yang telah dilakukan yaitu menggunakan pembelajaran koncekstual (Contextual Teaching and Learning). Jika pembelajaran terasa menyenangkan maka akan terjadi perbandingan lurus yaitu minat, motivasi dan keseriusan dalam menerima materi ajar akan ada dalam diri mahasiswa.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles