Pemanfaatan Aplikasi Synchronous dan Asynchronous Pada Pembelajaran Bahasa Inggris: Perspektif dan Urgensi Mahasiswa Pada Fenomena Pendidikan Abad 21

Authors

  • Isnaini Eddy Saputro Universitas Negeri Semarang
  • Abdurrachman Faridi Universitas Negeri Semarang
  • Mursid Saleh Universitas Negeri Semarang
  • Frimadhona Syafri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

synchronous dan asynchronous; pembelajaran bahasa inggris; perspektif dan urgensi mahasiswa; pendidikan abad 21

Abstract

Aplikasi Synchronous dan Asynchronous adalah alat atau fitur yang digunakan untuk mengakses sumber pembelajaran oleh mahasiswa dan pengajar di abad 21. Beberapa fitur synchronous dan asynchronous yang digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di pendidikan abad 21. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menjelaskan persepektif dan urgensi mahasiswa dari pemanfaatan teknologi pada pembelajaran Bahasa Inggris di abad 21. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif untuk menjelaskan persepsi dan urgensi 26 mahasiswa di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sorong. Pendistribusian angket berupa kuisioner yang berjumlah 20 pernyataan melalui Google Form untuk mendapatkan respon mahasiswa terkait tujuan penelitian ini. Hasil penelitian menyebutkan bahwa adanya pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan aplikasi synchronous dan Asynchronous sangat menyenangkan dan menimbulkan rasa percaya diri. Mahasiswa sangat terbantu untuk belajar Bahasa Inggris. Mahasiswa dengan mudah mengakses banyak materi dan informasi saat menggunakan Google, YouTube, E-Mail, dan grup WhatsApp. Penggunaan Zoom, dan Google Meet sangat menyenangkan dan mendukung mahasiswa secara keseluruhan bisa menyampaikan opini, ide, serta pembelajaran bahasa Inggris mampu menumbuhkan berpikir kritis dan kreativitas mahsiswa dalam membuat video pembelajaran Bahasa Inggris untuk keterampilan berbicara.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles