Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Berbasis Teori APOS Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Isnani Isnani Universitas Negeri Semarang
  • S.B. Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Dwijanto Dwijanto Universitas Negeri Semarang
  • T.S.N. Asih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pemahaman konsep; apos; kalkulus differensial

Abstract

Pembelajaran matematematika diperlukan juga adanya pemahaman konsep matematis. Pemahaman tersebut merupakan menangkap pengertian-pengertian yang terdalam dalam matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis berbasis teori APOS pada pembelajaran matematik yaitu pada matakuliah Kalkulus Diffrensial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek sembilan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kalkulus Differensial. Sembilan mahasiswa tersebut memiliki 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Masing masing kategori diambil 3 orang mahasiswa. Subyek berkemampuan tinggi memiliki pemahaman pada semua tahap yaitu aksi, proses, objek, dan skema. Subyek berkemampuan sedang memiliki 3 kemampuan yaitu selain pada tahap proses. Subyek berkemampuan rendah hanya memiliki kemampuan pada tahap aksi. Ketiga subyek pada perkuliahan Kalkulus Differensial memiliki pemahaman pada tahap aksi.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles