Mengatasi Anxiety dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Berbasis Web

Authors

  • Iwan Fauzi Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Widhiyanto Widhiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Hendi Pratama Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kecemasan; pembelajaran bahasa Inggris berbasis web; pembelajaran bahasa berbantukan komputer (CALL).

Abstract

Anxiety atau kecemasan merupakan salah satu faktor afektif dari enam aspek kepribadian yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris. Kecemasan adalah sebuah fenomena yang berkenaan dengan perasaan frustasi, keraguan, pesimisme dan kekhawatiran dalam berbicara bahasa Inggris tetapi tidak bersifat permanen. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kegagalan seorang pembelajar dalam usahanya untuk menguasai kecakapan berbicara bahasa Inggris. Untuk mengatasi kecemasan pada diri pembelajar bahasa, pengajar bahasa harus mampu menggunakan strategi pengajaran bahasa dengan tepat. Memilih model pembelajaran bahasa yang sesuai merupakan bagian dari kemampuan menggunakan strategi pengajaran bahasa tersebut. Melalui metode studi kepustakaan, tim penulis menganalisis hasil telaahnya terhadap penggunaan pembelajaran bahasa Inggris berbasis web untuk mengatasi faktor kecemasan tersebut. Hasil telaah dalam studi kepustakaan ini menyimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris berbasis web dapat dijadikan sebagai media literasi teknologi informasi guna mendukung penguatan sumber daya manusia unggul berpendidikan era digital di bidang pembelajaran bahasa Inggris. 

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles