Kekuatan Mindfulness dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Authors

  • Kadek Sonia Piscayanti Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Issy Yuliasri Universitas Negeri Semarang
  • Puji Astuti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

mindfulness; poetry; pengetahuan baru; konteks; sudut pandang; penciptaan

Abstract

Mindfulness adalah sebuah pendekatan dalam pembelajaran bahasa asing yang menstimulasi kreativitas dan produktivitas berbahasa. Penelitian menunjukkan mindfulness meningkatkan fokus belajar, memperluas perspektif, menciptakan ketenangan, dan kedamaian belajar. Mindfulness memiliki empat aspek yaitu menemukan pengetahuan baru, menemukan konteks, menemukan perspektif baru, dan menciptakan hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mindfulness membantu pembelajar bahasa asing untuk menemukan kebaruan, menemukan konteks, menemukan perspektif baru, dan menciptakan hal baru. Penelitian ini menggunakan mindfulness sebagai sebuah pendekatan pembelajaran dengan media poetry. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah narrative inquiry. Metode ini digunakan untuk menemukan proses di balik penulisan poetry. Melalui metode ini, pembelajar menceritakan pengalamannya menulis poetry. Narrative inquiry memberikan konteks bagaimana pembelajar menciptakan poetry sebagai hasil belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mindfulness mampu menstimulasi pembelajar untuk mengembangkan pengetahuan baru, menemukan konteks, menemukan perspektif, dan menciptakan hal baru. Implikasinya bagi pembelajaran bahasa adalah mindfulness dapat mengembangkan potensi pembelajar bahasa untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles