Penerapan Pembelajaran Beyond Center and Circle Time dengan Nilai-Nilai Keislaman di TK Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus

Authors

  • Khomsatin Nadhiroh Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

penerapan; nilai-nilai keislaman; beyond centers and circle time.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penerapan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran beyond center and circle time (BCCT). Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter anak menjadi islami dalam pembelajaran BCCT. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan, dengan penerapan pembelajaran BCCT dengan nilai-nilai keislaman sangat menyenangkan bagi anak di TK TBS Kudus karena dalam pembelajaran tersebut anak-anak tidak merasa bosan dengan variasi nilai-nilai keislaman yang diterapkan dilembaga tersebut. Seperti kegiatan ziarah kemakam sunan kudus, kegiatan terbangandan membaca albarjanji, kegiatan sholat dhuha, membaca surat-surat pendek dan menyanyikan gerak dan lagu tentang nilai-nilai keislaman, mengenal ciptaan Allah melalui kegiatan karyawisata dengan tema alam semesta. Manfaat penelitian bagi masyarakat yaitu bahwa membentuk karakter keislaman sejak usia dini itu sangat penting karena sebagai pedoman pada saat dewasa nanti.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles