Profil Industri Barang dan Jasa Olahraga dalam Perspektif Gender

Authors

  • Kusmiyati Kusmiyati Universitas Negeri Semarang
  • Soegiyanto Soegiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Soedjatmiko Soedjatmiko Universitas Negeri Semarang
  • Hari Setijono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

industri olahraga; home industri olahraga; dan perspektif gender.

Abstract

Tujuan penelitian”ini mendeskripsikan serta mengkaji fakta aktual terkait profil industri olahraga dalam perspektif gender. Industri dalam Penelitian di , pulau jawaodan lokasi penelitian meliputi beberapa kota atau kabupaten terpilih di wilayah Jawa. Penentuan wilayahoini “merupakan bentuk sampling area dikembangkan secara purposif sampling” serta mengacu”pada“pertimbangan””memilih”kantung-“kantung” “industri” “olahraga” di wilayah tersebut. Berdasarkan  hal itu maka terpilih beberapa kota atau kabupaten dari tiga propinsi tersebut, meliputi : Solo,“Majalengka”, Karanganyar,”Sukoharjo,”Nganjuk”Madiun,“Ponorogo. Industri disurvey meliputi industri peralatan, kostum, dan jasa olahraga yang berjumlah 17. Kesimpulan: (1) Pekerja yang berada dalam sector industry olahraga yaitu: di Jawa Barat meliputi 58% pekerja “laki-laki”dan“42%” pekerja Wanita ; di“Jawa Tengah”, 75% pekerjaolaki-laki dan 25 % pekerja“perempuan;“dan” di“Jawa Timur”, “pekerja” laki-laki “62,7 %” dan“37,3 %”pekerjaoperempuan.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles