Kontribusi dan Kendala Menggunakan Model Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Regulated Learning Dan Self-Confidence

Authors

  • Lala Nailah Zamnah Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Rochmad Rochmad Universitas Negeri Semarang
  • Emi Pujiastuti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

model self-directed learning; kemampuan pemahaman matematis; self-regulated learning; self-confidence

Abstract

Mengetahui dan menganalisis kontribusi serta kendala yang dihadapi ketika menggunakan model self-directed learning terhadap kemampuan pemahaman matematis, self-regulated learning dan self-confidence merupakan tujuan dari penelitian. Penelitian dilaksanakan di salah satu universitas di jawa barat pada program studi pendidikan matematika tingkat 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket self-regulated learning dan self-confidence, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Proses pembelajaran self-directed learning berkontribusi pada kemampuan pemahaman matematis, self-regulated learning dan self-confidence siswa. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran self-directed learning ini antara lain masih terdapat mahasiswa yang belum bisa mengikuti proses pembelajaran, belum merencanakan kegiatan dan komponen pembelajaran serta masih ada mahasiswa yang belum mampu mengutarakan pendapat atau idenya selama diskusi.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles