Dinamika Pandemi sebagai Dimensi Pendekat antara Generasi Muda dan Pembelajaran Sastra Digital

Authors

  • lilik Herawati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Nuryatin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Teguh Supriyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mukh Doyin Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Pandemic Dynamics, Young generation, Digital Literature

Abstract

Abstrak. Mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia tidak terlepas dari akses internet, didukung oleh situasi yang mengharuskan terlaksananya pembelajaran melalui jarak jauh ini memiliki dinamika yang berubah-ubah. Begitupun dalam dunia sastra, yang mengimprovisasi peningkatan sastra berbentuk digital, sehingga kehadiran Covid-19 memengaruhi aspek pengelolaan sastra berbasis digital beserta kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu, penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan problematika Covid-19 yang berdampak pada pembelajaran sastra Indonesia, konsep perkembangan sastra digital, pemahaman peserta didik melalui penyesuaian sastra digital, dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan kajian pustaka, yakni mendeskripsikan problematika peserta didik dalam sastra digital dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan aspek pendukung dapat berpengaruh terhadap komponen pendidikan. Oleh karena itu, uraian ini dianggap penting dalam menambah referensi pengajar dan menjadi sumber bacaan yang dibutuhkan di masa pandemi.

Abstract. Considering that the needs of the Indonesian people cannot be separated from internet access, supported by a situation that requires the implementation of distance learning, it has to change dynamics. Likewise in the world of literature, which is improvising the improvement of digital literature, the presence of Covid-19 affects aspects of digital-based literature management along with its advantages and disadvantages. Therefore, this study focuses on describing the Covid-19 problems that have an impact on learning Indonesian literature, the concept of digital literature development, students' understanding through digital literature adaptation, and so on. This research was conducted using qualitative descriptive methods and literature review, namely describing the problems of students in digital literature from various sources. The results of the study indicate that all supporting aspects can affect the education component. Therefore, this description is considered important in adding teacher references and becoming a needed reading source during the pandemic.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles