Youtube: Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Pada Era Post-Pandemic

Authors

  • Masriatus Sholikhah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Issy Yuliasri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Katharina Rustipa Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Youtube, Era Post pandemic, learning media, post-pandemic era

Abstract

Abstrak. Di era revolusi industry 4.0 yang menuntut pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu proses pembelajaran, para guru, mahasiswa, dan dosen telah memanfaatkan banyak aplikasi pembelajaran dan sosial media, salah satunya adalah Youtube. Selain berfungsi sebagai media sosial, Youtube juga membantu banyak guru dan dosen dalam menyampaikan materi serta para mahasiswa atau siswa untuk menyimak berbagai sumber dari seluruh dunia dengan mudah dan tanpa hambatan. Dalam berselancar di berbagai kanal Youtube mahasiswa dapat mengakses Podcast, Video, hingga saluran interaktif melalui live streaming. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana youtube dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam menguasai keterampilan bahasa asing, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris. Data diambil dari artikel jurnal nasional dan internasional yang berkaitan dengan manfaat, kekurangan, dan kelebihan Youtube sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Adapun temuan dari penelitian pustaka ini adalah Youtube secara empiris terbukti dapat mempermudah bagi para pengguna untuk belajar Bahasa Inggris baik dari segi pembahan kosa kata, peninkatan keterampilan berbicara, dan keterampilan mendengarkan. Dari temuan tersebut dapat diimplikasikan bahwa dalam Era Post-Pandemic yang notabene pembelajaran dilakukan secara Hybrid, Flipped, atau Blended, Youtube merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif serta memberi manfaat pada khasanah keilmuan dan pengetahuan serta keterampilan Bahasa Inggris siswa. Adapun penelitian yang bisa dikembangkan dimasa depan adalah pengembangan literasi digital melalui media Youtube.

Abstract. In the era of industrial revolustion 4.0 which require the use of information and communication technology in supporting the learning process, teachers, students, and lecturers have utilized many learning applications and social media, including Youtube. In addition, as a social media, Youtube also helps many teachers and lecturers in delivering material as well as students to access various sources from around the world easily and without obstacles. In surfing various Youtube channels, students can access Podcasts, Videos, and interactive channels through live streaming. This article aims to examine how youtube can be used as an effective learning medium in mastering foreign language skills, in this case, English. The data are taken from national and international journal articles related to the benefits, drawbacks, and advantages of Youtube as an English learning media. The findings from this library research are that Youtube is empirically proven to make it easier for users to learn English both in terms of vocabulary development, improving speaking skills, and listening skills. From these findings, it can be implied that in the Post-Pandemic Era which in fact learning is done in Hybrid, Flipped, or Blended, Youtube is one of the effective learning media and provides benefits to the scientific treasures and knowledge and skills of students' English. The research that can be developed in the future is the development of digital literacy through Youtube media.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles