Efektivitas Pembelajaran Kimia Berbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Life Skill Siswa

Authors

  • Mohammad Agus Prayitno Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nanik Wijayati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Haryani Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wardani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

chemistry, chemoentrepreneurship, life skill

Abstract

Abstrak. Banyaknya subbab materi kimia yang harus disampaikan menyebabkan pembelajaran disampaikan secara konseptual. Pembelajaran secara konseptual hanya memberikan bekal pengetahuan saja tetapi belum dapat memberikan bekal life skill siswa. Untuk memberikan bekal life skill kepada siswa, maka diperlukan pembelajaran kontekstual. Salah satu pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kimia berbasis chemoentrepreneurship terhadap lifeskill siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Rembang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode obeservasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran chemoentrepreneurship efektif dalam meningkatkan life skill siswa pada aspek keterampilan berkomunikasi, keterampilan bekerjasama, dan keterampilan kerja.

Abstract. The number of sub-chapters of chemistry that must be delivered causes learning to be delivered conceptually. Conceptual learning only provides knowledge but has not been able to provide students with life skills. To provide students with life skills, contextual learning is needed. One of the contextual learning is chemoentrepreneurship-based chemistry learning. This research is an experimental study that aims to determine the effectiveness of chemoentrepreneurship-based chemistry learning on students' life skills. The population in this study were students of class XI IPA MAN 1 Rembang. The sample in this study was class XI IPA-2 as the experimental class and XI IPA-3 as the control class. The data collection method used in this study is the observation method. The data analysis technique used is the independent sample t test. The results showed that chemoentrepreneurship learning was effective in improving students' life skills in the aspects of communication skills, collaboration skills, and work skills.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles