Relevansi Pelaksanaan Teknik Menulis Tangan Berwaktu Berbasis Portofolio Untuk Pengajaran Menulis: Pandangan Mahasiswa

Authors

  • Muh Syafei Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Issy Yuliasri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hendi Pratama Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Evaluation, Relevance, Portfolio, Timely Handwriting

Abstract

Abstrak: Kajian empiris dan teoretis terkait tulisan tangan, nenulis berwaktu, dan penilaian portofolio berpengaruh positif terhadap kemapuan menulis mahasiswa. Ketiga pilar tersebut tergabung dalam apa yang disebut Teknik Menulis Tangan Berwaktu Berbasis Portofolio (Portfolio-Based Timed-Handwriting Technique – PBTHT). Penelitian ini mengevaluasi relevansi/kesuaian penerapan PBTHT di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus untuk mengajar menulis. Subyek penelitian ini terdiri dari 72 mahasiswa yang menyelesaikan mata kuliah Paragraph Writing yang menggunakan strategi PBTHT tahun akademi 2019/2020 dengan kuesioner untuk mengumpulkan padangan subyek penelitian. Kajian ini menemukan bahwa penerapan PBTHT relevan atau sesuai untuk peningkatan kemampuan menulis  dengan rata-rata skor 4,03 (dari skala 5). Penerapan PBTHT dipandang relevan dan sesuai dengan unsur-unsur pengajaran yang meliputi tujuan pemebaljaran, silabus, RPS materi, prosedur, media, dan evaluasi pada proses pembelajaran pada mata kuliah Paragraph Writing.Berdasarkan temuan tersebut peneliti merekomendasikan bahwa PBTHT disarankan untukdigunakan di kelas menulis karena memungkinkan mahasiswa menulis dengan rasa ingin tahu, otonomi, dan kemampuan memecahkan masalah yang lebih besar.

 

Abstract: Empirical and theoretical studies related to handwriting, timed writing, and portfolio assessment have a positive effect on students' writing skills. These three pillars are incorporated in what is called the Portfolio-Based Timed-Handwriting Technique (PBHTT). This study evaluates the relevance of implementing PBTHT in the English Education Study Program, Universitas Muria Kudus in teaching writing. The subjects consisted of 72 students who completed the Paragraph Writing course in the academic year of 2019/2020 using the PBTHT strategy with a questionnaire to collect the views of the research subjects. This study showed that the application of PBTHT is relevant to teaching writing with an average score of 4.03 (out of 5.0). The subjects viewed PBTHT as relevant to the teaching elements which included the objectives, syllabus, lesson plans, materials, procedures, media, and evaluation of the learning process in the Paragraph Writing course because it allows students to write with greater curiosity, autonomy, and problem-solving skills.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles