Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar Menggunakan Model CIPP

Authors

  • Mujib Ubaidillah Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III, Semarang, Indonesia
  • Putut Marwoto Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III, Semarang, Indonesia
  • Wiyanto Wiyanto Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III, Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III, Semarang, Indonesia

Keywords:

Basic Physics Practicum, CIPP Model, Science Process Skills, Evaluation

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program praktikum fisika dasar. Metode Penelitian menggunakan CIPP (Contect, Input, Process, dan Product). Responden penelitian terdiri dari dosen fisika dasar, asisten praktikum, dan mahasiswa calon guru biologi sejumlah 34 orang yang berasal dari salah satu universitas di Jawa Barat, Indonesia. Instrumen terdiri dari lembar wawancara, lembar cek list, angket, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar penilaian laporan praktikum, dan soal tes pemahaman konsep fisika. Data yang telah diperloleh kemudian dianalisis dan dikonversikan dengan kriteria efektifitas. Hasil evaluasi contex menunjukan bahwa program praktikum fisika dasar mempunyai tujuan untuk membekalkan pemahaman tentang konsep fisika siswa dan keterampilan laboratorium. Hasil evaluasi aspek input meliputi sarana dan prasarana, panduan praktikum, asisten praktikum dan laboran dengan nilai rata-rata persentase efektivitas sebesar 80.24% dengan kriteraia baik. Hasil evaluasi aspek proses meliputi persiapan praktikum, pelaksanaan praktikum dan system evaluasi praktikum rata-rata persentase efektifitas proses sebesar 83.42% dengan kriteria baik. Hasil evaluasi keefektifan product yang meliputi aspek keterampilan proses sains, laporan praktikum, kognitif, dan sikap dengan rata-rata persentase efektifitas produk sebesar 81.49% dengan kriteria baik. Pelaksanaan program praktikum fisika dasar dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat ditingkatkan.

 

Abstract. This study aims to evaluate the basic physics practicum program. The research method uses CIPP (Context, Input, Process, and Product). Research respondents consisted of basic physics lecturers, practicum assistants, and 34 prospective biology teacher students from a university in West Java, Indonesia. The instruments consist of interview sheets, checklist sheets, questionnaires, science process skill observation sheets, practicum report assessment sheets, and physics concept understanding test questions. The data that has been obtained is then analyzed and converted to the effectiveness criteria. Context evaluation results show that the basic physics practicum program has the aim to explore the understanding of the concepts of student physics and laboratory skills. The evaluation results of the input aspects include facilities and infrastructure, practicum guides, practicum assistants, and laboratory assistants with an average effectiveness of 80.24% with good criteria. The evaluation results of process aspects include practicum preparation, practicum implementation, and practicum evaluation system, the average percentage of process effectiveness is 83.42% with good criteria. The evaluation results of the product's effectiveness include aspects of science process skills, practical reports, cognition, and attitudes. The average percentage of product effectiveness is 81.49%, with good criteria. The implementation of the basic physics practicum program can be appropriately implemented and can be improved.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles