Desain Model Pembelajaran ethno-discovery-project (edp): Misi Ketiga Perguruan Tinggi Dalam Pembelajaran Sains

Authors

  • Muslimah Susilayati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Hardyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arif Widyatmoko Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

ethno-discovery-project, science learning, the third mission

Abstract

Abstrak. Misi ketiga (The Third Mission) perguruan tinggi meniscayakan sinergi dengan pemerintah dan dunia usaha/industri di era digital. Misi yang mengubah paradigma tradisional menuju masyarakat modern berbasis pengetahuan. Perguruan tinggi tidak hanya unggul dalam pendidikan, penelitian, dan trasfer pengetahuan saja, tetapi juga harus berdampak pada sosial-ekonomi. Peran dan misi ketiga perguruan tinggi ini sejalan dengan tagihan dalam instrumen akreditasi program studi (IAPS). Desain model pembelajaran ethno-discovery-learning (edp) dapat menjadi salah satu alternatif dalam upaya pencapaian misi ketiga (TM) perguruan tinggi dalam pembelajaran sains. Artikel ini menyajikan desain model pembelajaran ethno-discovery-project (edp) yang bertujuan menjembatani sinergi perguruan tinggi, pemerintah, dan industri sebagai misi ketiga (TM) perguruan tinggi di era digital yang dapat diterapkan pada prodi Tadris IPA. TM dalam pembelajaran IPA  dan keterlaksanaan sinergi perguruan tinggi, pemerintah, dan industri didiskusikan dalam artikel ini.

 

Abstract. The third mission of higher education requires synergies with the government and the business/industry world in the digital era. A mission that changes the traditional paradigm to a modern knowledge-based society. Higher education not only excels in education, research, and knowledge transfer, but also has an impact on socio-economics. The roles and missions of these three universities are in line with the bill in the study program accreditation instrument (IAPS). The design of the ethno-discovery-learning (EDP) learning model can be an alternative in the effort to achieve the third mission (TM) of higher education in science learning. This article presents the design of the ethno-discovery-project (EDP) learning model which aims to bridge the synergy of universities, government, and industry as the third mission (TM) of higher education in the digital era that can be applied to the Tadris Science study program. TM in science learning and the implementation of synergies between universities, government, and industry are discussed in this article.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles