Representasi Isu Sosial Budaya pada Desain Poster dan Relevansinya terhadap Kemampuan Literasi Visual Tingkat Perguruan Tinggi

Authors

  • Nadia Sigi Prameswari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Cahyono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Slamet Subiyantoro Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Eko Haryanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

creativity, competency, college

Abstract

Abstrak. Pendidikan seni di masa modern saat ini banyak sekali tantangan kontradiktif antara konsep dan implementasi di lapangan dalam kurikulumnya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Desain Komunikasi Visual di era modern ini adalah literasi visual. Namun, hingga saat ini kemampuan literasi visual mahasiswa masih sering dikesampingkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi karya dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang dihasilkan dalam perkuliahan praktik, ditinjau dari keterampilan atau kemampuan literasi visual serta kreativitas dalam produksi ide. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Desain Komunikasi Visual dari empat universitas, yaitu Universitas Negeri Semarang, Institut Seni Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik interpretivisme untuk menganalisis semua data tersebut. Dengan mengacu pada standar literasi visual di perguruan tinggi, hasil penelitian menunjukkan dari tiga gambar poster yang dibuat oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual, seluruhnya menunjukkan bahwa kemampuan literasi visual dan kreativitias produksi ide mahasiswa Desain Komunikasi Visual sudah baik dalam merepresentasikan isu – isu sosial dan budaya ke dalam hasil karyanya selama perkuliahan praktik, sehingga terdapat kebermaknaan pesan dalam karya tersebut.

Abstract. Art education in the modern era today has many contradictory challenges between concepts and implementation in the field in the curriculum. One of the competencies that college students must possess, especially visual literacy students in this modern era, is visual literacy. However, until now, students’ visual literacy skills are still often neglected in the world of education. This study aims to determine the representation of the work of Visual Communication Design students produced in practical lectures regarding visual literacy skills or abilities and creativity in creating ideas. The samples used were Visual Communication Design students from four universities: Semarang State University, Indonesian Art Institute of Surakarta, Dian Nuswantoro University, and Sebelas Maret University. The sampling technique used was purposive sampling. The data obtained were analyzed using interpretivism techniques to explore all of the data. By referring to the visual literacy standards in universities, the results of the study show that from the three poster images made by Visual Communication Design students, all their work show that visual literacy skills and creativity in producing ideas for Visual Communication Design students are good at representing social and cultural issues into their work in lecture practice activities so that there is a meaningful message in their posters.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles