Aktualisasi Mathematical Literacy berbasis E-Scaffolding di Era Digital

Authors

  • Nila Ubaidah Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang, Indonesia
  • Zaenuri Zaenuri Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang, Indonesia
  • Iwan Junaedi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang, Indonesia
  • Sugiman Sugiman Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang, Indonesia
  • Wardono Wardono Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang, Indonesia

Keywords:

mathematical literacy, e-scaffolding, digital era

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mathematical literacy mahasiswa berbasis e-scaffolding di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau studi pustaka, dengan mengumpulkan data, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil yang diperoleh adalah tingkat literasi matematika siswa, dan upaya peningkatan literasi matematika siswa, dengan menerapkan sistem pembelajaran pemahaman konsep dan pembiasaan siswa untuk memecahkan masalah literasi matematika, kemudian memotivasi siswa untuk belajar lebih banyak, dan juga memfasilitasi belajar siswa untuk belajar. berjalan lebih efektifTeknik scaffolding seperti interaksi dalam hal saling memberi umpan balik baik antar-mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen memainkan peran penting untuk terciptanya pembelajaran yang lebih kolaboratif. Artikel ini memaparkan hasil sintesa kajian literatur terkait pengembangan scaffolding, terutama tentang bagaimana membangun kerangka scaffolding yang terintegrasi dengan sistem ICT (e-scaffolding), tipe-tipe e-scaffolding yang akan dikembangkan, dan implementasinya dalam membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah matematika.

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the mathematical literacy of students based on e-scaffolding in the digital era. The method used in this research is literature study or literature study, by collecting data, reading and taking notes and processing research materials. The results obtained are the level of students' mathematical literacy, and efforts to increase students' mathematical literacy, by implementing a learning system for understanding concepts and habituation of students to solve mathematical literacy problems, then motivating students to learn more, and also facilitating student learning to learn. run more effectively Scaffolding techniques such as interaction in terms of giving each other feedback both between students and between students and lecturers play an important role in creating more collaborative learning. This article describes the results of the synthesis of literature studies related to scaffolding development, especially about how to build a scaffolding framework that is integrated with the ICT system (e-scaffolding), the types of e-scaffolding that will be developed, and their implementation in helping students to solve mathematical problems.

Downloads

Published

2022-11-23 — Updated on 2022-09-30

Issue

Section

Articles