Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Authors

  • N. Adiastuty Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • S. B. Waluya Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Junaedi Junaedi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Masrukan Masrukan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • C. M. Putri Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Cognitive Style, gender, Mathematical Creative Thinking Skills

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kognitif dan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan desain penelitian adalah desain two factorial. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Pertiwi Kuningan tahun pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian berjumlah 49 siswa pada dua kelas. Satu kelas sebagai kelas laki-laki terdiri dari 23 siswa dan satu kelas lainnya sebagai kelas perempuan terdiri dari 26 siswa yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan tes uji GEFT (Group Embedded Figure Test). Data dianalisis menggunakan uji two way anova. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa dengan gaya kognitif field dependent dan field independent, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, 3) Tidak terdapat interaksi faktor gaya kognitif dengan faktor gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.


Abstract. The purpose of this research is to see whether there is effect of cognitive style and gender on student’s mathematical creative thinking skills. This research used ex post facto method with the research design was a two factorial. This research was conducted in class X SMK Pertiwi Kuningan school year 2019/2020 with research subjects totaling 49 students in both classes. One class as a male class consisting of 23 student and one other class as a female class consisting of 26 student which used by proportionate stratified random sampling tecnique. Data collection using test instruments for creative thinking skills and GEFT test (Group Embedded Figure Test). The analysis used two-way anova test. The conclution in this research is 1) There are differences in the ability to think creatively between students with cognitive style field dependent and field independent, 2) There is no difference in the ability to think creatively between male and female student, 3) There is no interaction between cognitive style factors and gender factors on student’s creative thinking skills.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles