Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Graf Berdasarkan Prosedur Newman

Authors

  • Puput Suriyah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • S. B. Waluya Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dwijanto Dwijanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Isnaini Rosyida Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

error analysis, graph theory, newman procedure

Abstract

Abstrak.  Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori graf berdasarkan Prosedur Newman. Kesalahan peserta didik dapat diketahui dari penelitian ini berdasarkan prosedur Newman, sehingga ke depan bisa diberikan treatment yang tepat dari tipe kesalahan tersebut dan harapannya tidak diulangi kembali oleh peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan dilengkapi pedoman wawancara. Prosedur Newman digunakan untuk menganalisis hasil tes, dilanjutkan wawancara terhadap beberapa peserta didik dari hasil tes. Kesimpulannya banyak peserta didik yang melakukan kesalahan tipe encoding yaitu kesalahan yang dilakukan ketika proses transformasi maupun kesalahan proses. 

 

Abstract. The purpose of this study was to describe student errors in solving graph theory problems based on the Newman procedure. Students' errors can be identified from this study based on the Newman procedure so that in the future the appropriate treatment can be given for this type of error and hopefully it will not be repeated by students. This research was a descriptive qualitative research type. The instrument used is a test and is equipped with an interview guide. The Newman procedure was used to analyze the test results, followed by interviews with several students from the test results. In conclusion, many students made encoding errors, namely errors made during the transformation process and process errors.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles