Kompetensi Calon Guru Matematika: Kreativitas dalam Membuat Powerpoint pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Adi Nur Cahyono Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

creativity, prospective mathematics teacher, field experience practice, creating powerpoints

Abstract

Abstrak. Teknologi telah menjadi bagian integral dari proses pembelajaran, untuk itu kreativitas calon guru diperlukan untuk memenuhi kebutuhan siswa di abad-21. Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu kompetensi yang membekali calon guru dalam praktik/latihan mengajar serta membuat media pembelajaran berupa powerpoint. Oleh karena itu, penelitian ini akan mendeskripsikan kreativitas yang dilakukan calon guru matematika dalam membuat powerpoint tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjeknya adalah lima orang calon guru matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas yang dimiliki calon guru matematika dalam membuat powerpoint yaitu digunakannya template yang kontekstual, penambahan gambar, pengunaan ukuran/jenis font dan warna yang variatif, penggunaan animasi pada gambar, teks/paragraph, dan latihan soal/kuis. Selain itu, calon guru matematika juga menambahkan transisi slide dan hyperlink dalam powerpoint yang dibuat. Dari kreativitas tersebut, maka kompetensi calon guru matematika dalam membuat powerpoint akan menjadi bekal berharga dalam menyajikan matematika yang menarik bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Abstract. Technology has become an integral part of the learning process, for which the creativity of future teachers is necessary to meet the needs of students in the 21st Century. Field experience practice (PPL) is one of the competencies that equip prospective teachers in teaching practices/exercises and makes learning media in the form of powerpoints. Therefore, this study will describe the creativity carried out by future mathematics teachers in making these PowerPoint. The type of research used is qualitative descriptive research, with the subject being five prospective mathematics teachers of the Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Antasari Banjarmasin. Data collection uses observation and documentation. Research data analysis techniques use data reduction, presentation, and conclusions. The results showed the creativity of prospective mathematics teachers in making PowerPoint, namely the use of contextual templates, image additions, the use of varied font sizes/types and colors, the use of animations in images, text/paragraphs, and practice questions/quizzes. In addition, prospective math teachers add slide transitions and hyperlinks to the created PowerPoint. From this creativity, future mathematics teachers' competence in making PowerPoint is valuable in presenting mathematics that is interesting for students to achieve learning goals.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles