Pinterest : Optimalisasi Literasi Visual dalam Pembelajaran Ilustrasi

Authors

  • Ratih Ayu Pratiwinindya Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Cahyono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tjetjep Rohendi Rohidi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eko Sugiarto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Gallah Akbar Mahardhika Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

illustration, learning, literacy, pinterest, visual

Abstract

Abstrak. Kurangnya literasi visual dan adaptasi teknologi dalam rangka memunculkan ide dan gagasan siswa, merupakan masalah yang dihadapi oleh beberapa siswa di kelas VIII di beberapa SMP di Kabupaten Semarang dalam pembelajaran ilustrasi di masa pandemi. Berdasarkan observasi ditemukan bahwa, masih banyak siswa yang mengalami kendala dalam hal eksplorasi ide dan gagasan pada saat membuat karya ilustrasi. Hal ini disebabkan karena kondisi pembelajaran yang berubah serta lemahnya kemampuan literasi visual siswa di masa pandemi. Bertolak dari masalah tersebut, maka diperlukan suatu media untuk mengoptimalkan kemampuan literasi visual yang dimiliki oleh siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media Pinterest. Pinterest dirasa cocok untuk diterapkan sebagai solusi dalam pembelajaran ilustrasi, karena didalamnya memuat hasil karya visual dengan berbagai bentuk yang berasal dari para seniman/ilustrator dari seluruh dunia yang bisa diakses oleh siswa kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan gawai. Tujuan penelitian adalah; (1) mengidentifikasi kesadaran penggunaan kemampuan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi, (2) menjelaskan penerapan Pinterest sebagai media untuk megoptimalkan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi, (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat penerapan Pinterest sebagai media untuk mengoptimalkan literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian; (1) kesadaran literasi visual siswa kelas VIII di beberapa SMP di Kabupaten Semarang masih rendah, (2) penerapan Pinterest dapat mengoptimalkan kemampuan literasi visual siswa dalam pembelajaran ilustrasi, (3) terdapat tiga faktor pendukung dan dua faktor penghambat penerapan Pinterest sebagai media literasi visual dalam pembelajaran ilustrasi. Dengan adanya penelitian ini, harapannya dapat memberikan pengetahuan empiris mengenai penerapan Pinterest sebagai media literasi visual pada pembelajaran ilustrasi.

Abstract. The lack of visual literacy and technological adaptation in order to generate students' ideas is a problem faced by the majority of students in class VIII in several middle schools in Semarang. It happened especially in the implementation of illustration learning. Based on observations, it was found that students were very lacking in exploring ideas and ideas in making illustration works due to weak visual literacy skills and abilities. Starting from this problem, we need a media to optimize the visual literacy skills possessed by students, one of which is by using Pinterest media. Pinterest is considered suitable to be applied as a solution in illustration learning, because it contains visual works in various forms from artists from all over the world that can be accessed by students anytime and anywhere using their devices. The research objectives are: (1) identify the awareness of the use of visual literacy in illustration learning, (2) explain the application of Pinterest as a visual literacy medium to optimalize illustration learning, (3) find the supporting and inhibiting factors for the application of Pinterest as a visual literacy medium to optimalize illustration learning. This study uses a qualitative approach, data collection techniques using observation, interviews, and document studies. The data were analyzed using data reduction flow, data presentation, and drawing conclusions. Research result: (1) the visual literacy awareness of grade VIII students in several middle schools in Semarang is still low, (2) the application of Pinterest can optimize students' visual literacy skills in illustration learning, (3) there are three supporting factors and two inhibiting factors for the application of Pinterest as a visual literacy medium in illustration learning. With this research, it is hoped that it can provide empirical knowledge about the application of Pinterest as a visual literacy medium in illustration learning.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles