Analisis bibliometrik: Trend riset mindfulness dan humility tahun 2012 – 2022 dan implikasinya pada konseling di sekolah

Authors

  • Rohmatus Naini Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mungin Eddy Wibowo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Edy Purwanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mulawarman Mulawarman Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

mindfulness, humility, counseling

Abstract

Abstrak. Pendidikan karakter di Indonesia perlu ditingkatkan di seting pendidikan melalui layanan bimbingan dan konseling. Salah satu virtue yang perlu ditingkatkan yakni humility sebagai dasar pengembangan kekuatan karakter dan moral. Upaya peningkatan humility melalui layanan konseling mindfulness untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan trend riset mindfulness dan humility dengan fokus riset di tahun 2012 hingga 2022 dan penjelasan implikasi layanan konseling di sekolah. Selain itu, peneliti juga menganalisis penulis yang berfokus pada riset mindfulness dan humility. Studi ini menggunakan analisis bibliometrik dengan sampel data sebanyak 999 dokumen dari pencarian google schoolar berbantuan Publish or Perish (PoP). Data tersebut kemudian disimpan dalam bentuk CSV yang diinput pada VosViewer dengan hasil 41 kata kunci yang dibagi menjadi 8 kluster sesuai dari keyword pencarian yakni mindfulness dan humility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat bervariasi topik yang relevan untuk diteliti berkaitan mindfulness dan humility berdasarkan sumber bacaan dari Google Scholar Search di tahun 2012-2022. Cultural humility menjadi hasil topik pencarian yang dominan dan memiliki keterhubungan dengan pembelajaran, pedagogi, traumatic, awareness dan juga cultural competence. Implikasi dari hasil studi ini menjadikan dasar pengembangan riset terkait layanan konseling di sekolah.


Abstract. Character education in Indonesia needs to be improved in educational settings through guidance and counseling services. One of the virtues that need to be improved is humility as the basis for developing character and moral strength. Efforts to increase humility through mindfulness counseling services for students. This study aims to describe the trend of mindfulness and humility research with a focus on research in 2012 to 2022 and explain the implications of counseling services in schools. In addition, researchers also analyzed authors who focused on mindfulness and humility research. This study uses bibliometric analysis with a data sample of 999 documents from a google schoolar search assisted by Publish or Perish (PoP). The data is then stored in CSV form which is inputted into VosViewer with the results of 41 keywords which are divided into 8 clusters according to the search keywords, namely mindfulness and humility. The results of the study show that there are many relevant topics for research related to mindfulness and humility based on reading sources from Google Scholar Search in 2012-2022. Cultural humility is the dominant search topic and has links to learning, pedagogy, trauma, awareness and also cultural competence. The implications of the results of this study form the basis for developing research related to counseling services in schools. Further research recommendations will be discussed in this article.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles