Peran Konseling Individual dalam Meningkatkan Efikasi Diri Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus: Sistematik Literatur Review

Authors

  • Ronny Gunawan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mungin Eddy Wibowo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mulawarman Mulawarman Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Japar Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

counseling services, children with special needs, self-efficacy

Abstract

Abstrak. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak spesial yang memerlukan bantuan dalam tumbuhkembangnya. Bantuan yang sangat diandalkan adalah dari orangtua, namun kadangkala orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus seringkali mengalami stress dan depresi dan ada perasaan tidak menerima bahwa orangtua memiliki anak yang demikian, oleh sebab itu orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus memerlukan bantuan dari orang lain khususnya konselor dalam meningkatkan efikasi diri. Penelitian ini menggunakan Literatur Sistematic Review (LSR) dengan teknik PRISMA. Di awal peneliti mencari jurnal dari sumber terpercaya, yakni SAGE, Science Direct, dan Proqust dengan jumlah awal 392 artikel setelah melalui proses melalui metode PRISMA hasil akhir dari artikel yang diperoleh berdasarkan kualifikasi yang telah ditentukan, yang berkaitan dengan layanan konseling bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang berkaitan dengan efikasi diri didaptkan 9 artikel yang dapat dikaji dan berkaitan dengan variabel yang akan dibahas. Dari kajian jurnal yang ada, maka didapatkan bahwa layanan konseling individual dapat membantu orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan efikasi diri orangtua.


Abstract. Children with special needs are special children who need help in their growth and development. Very reliable help is from parents, but sometimes parents who have children with special needs often experience stress and depression and there is a feeling of not accepting that parents have such children, therefore parents who have children with special needs need help from other people, especially counselors in increase self-efficacy. This study uses a Literature Systematic Review (LSR) with the PRISMA technique. At the beginning the researchers looked for journals from reliable sources, namely SAGE, Science Direct, and Proqust with an initial number of 392 articles after going through the process through the PRISMA method. with special needs related to self-efficacy, there were 9 articles that could be studied and related to the variables to be discussed. From a review of existing journals, it was found that individual counseling services can help parents who have children with special needs to improve parental self-efficacy.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles