Penerapan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Dalam Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris Siswa SMA

Authors

  • Rully Khoeru Solihin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

duolingo application, learning media, listening skills

Abstract

Abstrak. Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media teknologi menjadi sebuah tuntutan dalam perubahan moda pembelajaran berbasis online. Penggunaan aplikasi Duolingo menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam pembelajaran menyimak bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Duolingo sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapat dari pengamatan proses pembelajaran dan hasil wawancara siswa. Penelitian ini mengambil data dari pembelajaran kelas XI IPS 2 SMAN 1 Jatitujuh. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui aplikasi Duolingo dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekaligus menambah kosakata serta melatih keterampilan menyimak siswa dalam berbahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Duolingo dapat menjadi alternatif media pembelajaran bahasa Inggris.

Abstract. Learning English using technology media is a demand in changing online-based learning modes. The use of the Duolingo application is an alternative that can be used in learning to listen to English. This research was conducted with the aim of describing the learning process using the Duolingo application as a learning medium. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The data in this study were obtained from observations of the learning process and the results of student interviews. This study took data from class XI IPS 2 at SMAN 1 Jatitujuh. Data were obtained through observation and interviews with students on the learning activities carried out. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning process through the Duolingo application can be used as an alternative for teachers to increase students' learning independence while increasing vocabulary and training students' listening skills in English. This shows that the use of Duolingo can be an alternative medium for learning English.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles