Mengatasi Kesulitan Injeksi Computational Thinking Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif

Authors

  • Maria Ayu Puspita Univesitas Negeri Semarang

Keywords:

Computational Thinking, Difficulty Learning, Psychology Cognitive

Abstract

Abstrak. Pada penelitian ini mempunyai sebuah tujuan yakni untuk mengetahui tentang solusi dalam menghadapi kesulitan dalam injeksi computational thinking skill pada mata pelajaran matematika pada siswa jenjang sekolah dasar dengan pendekatan psikologi kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kajian pustaka, disini peneliti mengumpulkan sumber dan referensi dari sumber-sumber yang kredibel yakni dari buku dan jurnal yang terindeks. Selanjutnya penulis menelaah kajian-kajian pustaka yang berkaitan dengan proses injeksi computational thinking skill pada mata pelajaran matematika. Pada proses pembelajaran kesulitan dalam proses pembelajaran adalah sebuah hambatan maupun suatu hal yang mengganggu dalam proses belajar yang terjadi pada siswa. Kesulitan dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari suatu penanda dengan adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf inlegensi dan berbagai hal yang berkaitan dengan kemampuan dalam proses akademik yang seharusnya dicapai. Penyebab kesulitan belajar ada dua yakni dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal). Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah penyelesaian dengan mengikut sertakan peran orang tua secara aktif dan guru secara maksimal yakni dengan memberikan dukungan dan memberikan semangat dalam menjalani proses injeksi computational thinking skill pada proses pembelajaran matematika.


Abstract. The aim of this study was to find out about solutions to problems in the injection of computational thinking skills in mathematics subjects for elementary school students with a cognitive psychology approach. The research method used is a literature review approach, here the researcher collects sources and references from credible sources, namely indexed books and journals. Next, the author examines literature studies related to the injection process of computational thinking skills in mathematics. Learning difficulties are an obstacle and disturbance in the learning process that occurs in students. Learning difficulties are usually marked by a significant gap between the level of intelligence and academic ability that should be achieved. There are two causes of learning difficulties, namely internal and external. To overcome this problem, a solution is needed by actively involving parents and teachers to the maximum, namely by providing support and giving encouragement in undergoing the process of injection of computational thinking skills in the mathematics learning process.

Published

2022-11-23

Issue

Section

Articles