Analisis Keterampilan Berargumentasi Mahasiswa Calon Guru IPA dari Aspek Keilmiahan dan Kelengkapan Organ

Authors

  • Siswanto Siswanto
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Masturi Masturi Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Keterampilan berargumentasi, aspek keilmiahan berargumentasi, aspek kelengkapan organ argumentasi, mahasiswa calon guru IPA

Abstract

Keterampilan berargumentasi sangat penting untuk dilatihkan kepada mahasiswa calon guru IPA, sehingga perlu didesain sebuah aktivitas pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berargumentasi. Sebelum dilatihkan, perlu dilakukan pemetaan capaian keterampilan berargumentasi sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi kekurangan yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memetakan keterampilan berargumentasi mahasiswa calon guru IPA. Pemetaan dilakukan pada dua kategori, yaitu kategori keilmiahan argumentasi dan kelengkapan organ argumentasi. Penelitian dilakukan menggunakan metode survey kepada 83 mahasiswa calon guru IPA di salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian keterampilan berargumentasi mahasiswa calon guru IPA, baik dari aspek keilmiahan maupun kelengkapan organ yang disusun masih perlu dikembangkan melalui proses pembelajaran. Dari aspek keilmiahan, keterampilan argumentasi didominasi oleh miskonsepsi mahasiswa, sedangkan pada aspek kelengkapan organ, didominasi pada level 2.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles