Deskripsi Kualitatif Materi Pengajaran Berbasis TIK dalam Pembelajaran Virtual pada Mata Kuliah Menulis Bahasa Inggris

Authors

  • Yuniarti Yuniarti Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

materi TIK; pembelajaran virtual; menulis akademik bahasa inggris

Abstract

Penelitian ini mengkaji bahan ajar bahasa Inggris yang berfokus pada penulisan esai akademik di salah satu universitas swasta di Indonesia. Peneliti menggunakan deskripsi studi analisis isi yang berfokus pada rencana pembelajaran, bahan ajar, dan lembar kerja yang digunakan oleh dosen menulis bahasa Inggris. Materi berbasis TIK seperti gambar, link ke e-newspaper, video di YouTube, dan sejenisnya. Peneliti dapat mengakses dokumen langsung dari dosen dan mengunggahnya atau mempostingnya melalui platform WhatsApp dan LISA. Selain artefak, peneliti mengikuti proses belajar mengajar mereka di WhatsApp ketika dosen mengajar secara online dan ketika peserta didik dalam kelompok menyelesaikan tugas menulis kolaboratif. Untuk menganalisis materi, peneliti mengadopsi lima komponen bahan ajar berbasis teknologi, seperti aksesibilitas, keterlibatan aktif, keaslian, konten kontekstual, dan fleksibilitas, dilihat dari perspektif Rice & Ortiz (2021) dan Tomlinson (2013). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal yang positif meskipun masih terdapat kelemahan yang harus diperhatikan dosen mengenai kejelasan instruksi LKS dan kreativitas memodifikasi bahan ajar.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles