Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence

Authors

  • Yoni Sunaryo Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis; self-confidence

Abstract

siswa yang termasuk dalam ranah kognitif. Kemampuan komunikasi matematik sangat penting untuk ditumbuhkan karena dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Terdapat ranah lain selain ranah kognitif yakni ranah afektif. Salah satu bagian dari ranah afektif adalah self-confidence yang juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-confidence tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif. Penelitian dilakukan salah satu sekolah menengah atas kelas XI IPA yang terdiri dari 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-confidence tinggi dapat memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator written text, drawing dan mathematical expressions, siswa dengan self-confidence sedang dapat memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis sedangkan siswa dengan self-confidence rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu (written text).

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles