Etnomatematika Melayu Dalam Mendukung Pembelajaran Matematika

Authors

  • Larasati Tiara Medyasari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Kristina Wijayanti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

traditional dance, zapin, ethnomathematics

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menelaah hubungan matematika dengan budaya dalam konteks Tari Melayu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi untuk mendapatkan gambaran budaya melayu berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dari hasil pengumpulan data dokumentasi, observasi, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tarian tradisional tari zapin melayu mengandung konsep-konsep abstrak matematika, seperti garis, segitiga, maupun konsep bangun datar lainnya serta alat musik yang digunakan mempunyai keterkaitan dengan matematika seperti lingkaran dan tabung. Tari tradisional dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran disekolah sebagai konteks dalam desain pembelajaran untuk peserta didik. Selain itu, etnomatematika melayi dapat memotivasi dan mendukung peserta didik untuk lebih menyukai matematika karena matematika dan budaya sehari-hari memiliki hubungan dalam kehidupan siswa.

 

Abstract This study aims to examine the relationship between mathematics and culture in the context of Tari Melayu. This study is an exploratory research to get a picture of Malay culture based on the results of research that has been obtained from the results of data collection documentation, observations, field notes. The results showed that the traditional Malay, zapin dance, contains mathematical abstract concepts, such as lines, triangles, and other concepts of flat shapes and the musical instruments used are related to mathematics such as circles and tubes. Traditional dance can be used as a learning innovation in schools as a context in learning design for students. In addition, Malay ethnomathematics can motivate and support students to prefer mathematics because mathematics and everyday culture have a relationship in students' lives.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles