Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran English for Specific Purposes dengan Menggunakan Aplikasi SPADA UNTIRTA

Authors

  • Welliam Hamer Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang
  • Mursid Saleh Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

spada untirta; English for specific purposes; kemandirian belajar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan artikel ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca tentang bagaimana SPADA UNTIRTA sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi saat ini efektif untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam belajar mandiri. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi semakin berkembang dengan penggunaannya yang meluas dalam perekonomian, pariwisata bahkan pendidikan di dunia. Keberadaan media berbasis teknologi dalam kegiatan belajar mengajar sangat dibutuhkan untuk mengiringi era globalisasi yang semakin modern. Salah satu media berbasis teknologi yang digunakan dalam pendidikan adalah media e-learning. E-learning adalah jenis belajar mengajar yang memungkinkan penyampaian bahan ajar kepada peserta didik dengan menggunakan internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya (Hartley, 2001). Dengan media berbasis teknologi ini, kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya hanya berlangsung di kampus atau sekolah, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Salah satu media e-learning di kampus adalah SPADA (Online Learning System). Sistem ini dikembangkan untuk menjawab beberapa tantangan pendidikan tinggi dan menyelenggarakan pembelajaran tanpa batas. Penggunaan website SPADA UNTIRTA sebagai pemanfaatan integrasi diri mahasiswa berarti bagaimana penggunaan SPADA UNTIRTA dapat memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan self-regulated learning mereka. Artinya dengan menggunakan SPADA UNTIRTA diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan aktivitas belajarnya secara mandiri. Dengan demikian, dosen hanya perlu memberikan materi pelajaran kepada mahasiswanya dan mungkin beberapa tugas pembelajaran yang lainnya akan diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa, memberi mereka kebebasan untuk memilih kecepatan belajar mereka sendiri. Dalam hal ini, SPADA UNTIRTA sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan kualitas belajar mandiri mahasiswa, khususnya pada pemnbelajaran English for Specific Purposes.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles