Model Supervisi Akademik Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di TK Al Azhar Pati

Authors

  • Wahyu Putri Lestari Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Rafika Bayu Kusumandari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

supervisi akademik; tenaga pendidik; mutu pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peran supervisi akademik untuk menolong pendidik ketika meningkatkan keahliannya menjalankan teknik pendidikan supaya dapat mencapai mutu pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel di TK Al Azhar Pati. Teknik dalam mengumpulkan data memakai observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan instrument data collection yang dipakai yakni human instrument, lembar observasi, serta pedoman wawancara. Hasil menunjukkan, teknik pembelajaran yang benar pastinya harus melewati tahap awal perencanaan. Pendidik perlu mencermati persoalan yang dirasakan murid dan kebutuhannya dalam mendapatkan suatu ilmu sesuai kapasitas dan bersangkutan dengan kebutuhan siswa. Ada 3 peran penting yang perlu dilaksanakan pendidik, yaitu menyusun, melakukan dan evaluasi kegiatan.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles